- Gadis kecil ingin keluar, menantang alam -

Minggu, 29 Oktober 2017



Sejujurnya, gue gak ada rencana apapun ketika gue di Singapore selain ngasih surprise ke pacar gue (Read: Surprise Ulang Tahun Pacar di Singapore). Jadi gue sama sekali gak nyiapin itinerary, anggaran pengeluaran, dan segala pritilan yang lainnya. Gue udah gak peduli hahaha. Tapi bukan berarti gue gak kemana-mana juga sih ya waktu di Singapore. Ya kali gue gak kemana-mana, rugi dong hahaha. Jadi, meskipun awalnya gue gak ada itinerary, di sini gue bakal jabarin gue kemana aja sewaktu di Singapore, naik apa, turun di mana, ngabisin duit berapa, dan segala tips yang semoga bakal berguna buat kalian.

Dimulai dari hotel kali ya. Dari awal setelah gue booked tiket ke Singapore, gue udah liat-liat harga hotel di sana. Dan yaaa, memang Singapore it's more expensive than the other countries in ASEAN. Apalagi urusan hotel, harganya udah hampir sama kayak hotel di Jepang. Setelah gue lihat-lihat, gue jatuh hati sama Meadows hostel. Tempatnya cukup strategis menurut gue, deket sama banyak street food, MRT, dan halte bus. Harganya cukup murah, waktu itu gue dapet harga 177.000. Ada sih yang lebih murah sekitar 120.000. Kamarnya sama, fasilitasnya sama. Terus kenapa punya gue bisa lebih mahal? Soalnya gue milih yang dapet fasilitas tambahan, yaitu big point AirAsia. So, dengan gue booking hotel lewat Agoda, gue bisa sekaligus nambah big point AirAsia, Miles Garuda Indonesia, dan banyak juga maskapai lain. Ya meskipun harganya sedikit lebih mahal. Tapi menurut gue worth it kok dengan hadiah big point yang gue dapet. Oya, btw Meadows hostel ini modelnya dorm ya, kayak asrama gitu dan nilai plus nya dia ada tirai tiap ranjang. Sedangkan, kebanyakan dorm di Singapore, yang harganya jauh lebih murah tu gak ada tirainya. Gue sih agak risih ya, secara gue cewek, apalagi kalo dapet mix room trus gak ada tirai, ntar gue diliatin tidurnya hahahaha. Ntar ketauan kalo gue tidurnya muter-muter kayak helikopter hahaha.

Ngomongin soal fasilitas, menurut gue hostel ini udah juara banget. Dengan harga segitu kita dapet breakfast roti dan dua macam selai (strawberry sama kacang) waktu itu, trus ada telur rebus, juga ada teh sama kopi. Lo bisa makan sepuas lo lah, mau roti sebungkus lo abisin juga gak masalah. Tapi kalo bisa tetep tau diri aja sih hahaaha. But, you can't cooking in this hostel. Fasilitas lain yang jelas harus ada buat gue adalah hair dryer dan refill air sepuasnya. Itu hukumnya WAJIB banget buat gue. Lo juga bakal dikasih handuk, cuma lo gak dapet sikat gigi sama odol, lo harus bawa sendiri. Sabun dan peralatan mandi juga lo harus bawa sendiri. Oya, sewaktu check in juga lo diwajibkan buat deposit sebesar S$10. Tapi itu ntar bakal dibalikin sewaktu lo check out, jadi gak usah khawatir. Untuk MRT yang paling deket sama hostel ini adalah Lavender dan untuk halte bus terdekat adalah Bef Kallang Bahru dan Aft Kallang Bahru. You can googling it, so jangan males hahaha. Kalo males kagak usah travelling hahahaha.

Lanjut aja ke destinasi hari pertama. Gue pergi ke patung legendnya Singapore, yaitu patung singa muntah. Patung merlion maksud gue hahaha. How I can get there? Waktu itu gue naik MRT dari Lavender ke Raffles Place. Gue lupa tarif MRT nya berapa, gue gak terlalu merhatiin. Soalnya gue beli kartu Ezlink. Menurut gue lebih mudah pake Ezlink dibanding harus beli tiket bijian dan harganya menurut lebih murah. Pokoknya sih selama dua hari saldo di Ezlink ada sekitar S$17 dan masih sisa sekitar S$10 - S$13. Gue lupa pas nya berapa, yang jelas gue gak habis banyak banget buat transportasi. Dan Ezlink ini berlaku 4 tahun, so lo bisa make lagi sewaktu lo pergi di Singapore. Atau lo bisa sewain ke temen lo yang mau ke Singapore hahaha. Oya, hampir lupa, gue belum jelasin dimana beli kartu Ezlink hahaha. Kalo gue waktu itu beli kartu Ezlink di airport terminal 2. Ketika lo di terminal 2, lo jalan aja ke arah MRT, petunjuk di sana udah jelas banget jadi lo gak mungkin kesasar. Ketika lo masuk ke stasiunnya, lo bisa beli kartu nya di bagian informasi. Harganya S$12 udah keisi saldo sebesar S$7.

Kebetulan MRT Lavender itu cuma ngelayanin satu jalur yaitu East West Line (jalur hijau) so lo gak bakal bingung mau naik yang mana. Tenang aja, MRT di Singapore gak seribet MRT di Jepang hahaha. Ketika lo udah sampe di MRT Raffles Place, lo langsung cari yang namanya Way Out dan di Raffles Place ini ada banyak banget Way Out. Nah, lo harus pilih Way Out yang mana? Tenang aja, ada exit directory yang nunjukkin lo harus pilih pintu exit yang mana.

Sumber: https://2016.singapore.wordcamp.org/wordcamp/getting-to-microsoft-singapore/

Sorry gue ambil gambar dari salah satu blog orang buat nunjukkin Exit Directory. Soalnya waktu itu gue gak sempet motret. Nah, kayak yang terlihat di gambar itu ada 3 exit directory, sorry juga kalo gak terlalu jelas. Di sana ada pilihan kayak merlion park tu exit berapa, marina bay exit berapa kayak gitu. Dan waktu itu merlion park harus ke exit H. So, seperti yang terlihat di papan petunjuk, exit H itu ke sebelah kanan. Lo ikutin aja petunjuk yang menuju exit H. Kalo lo udah keluar dan lo bingung dimana patung Merlionnya, lo googling aja soalnya lo emang harus jalan kaki sekitar 500m buat ke Merlion Park. But, believe me, lo bakal disuguhi pemandangan yang cantik banget dari Singapore ketika lo jalan kaki ke Merlion Park. Dan ketika lo sampe ke Merlion Park, selamat menikmati pemandangan dan jangan lupa ambil foto ditempat ini buat kenang-kenangan hahaha.

Sewaktu udah puas ngeliatin singa muntah, gue lanjut ke lokasi selanjutnya yaitu Bugis Street. Berhubung gue males jalan kaki lumayan jauh ke MRT, gue memutuskan buat naik bis. Bus nomer berapa? Naik dari halte mana turun di halte mana? Tenang aja, google tau semuanya. Gue sih gak sempet banget ya ngapalin bus nomer berapa buat kemana naik dari mana turun di mana terus transfer ke bus nomer berapa. Hahaha, jujur itu ribet dan gue males aja gitu hahahaa. Jadi, gue cuma buka google maps aja, trus gue masukin tempat asal dan tujuan. Disana banyak pilihan berbagai macam transportasi termasuk bus. Bus nya juga banyak, terserah kalian mau pilih yang mana.


Nah, misalnya nih kalian milih yang bus nomor 57, tinggal di klik aja disitu kalian bisa tau kalian harus naik dari halte Esplanade Bridge dan turun di Fu Lu Shou Cplx. Lokasi haltenya juga bisa dilihat di map kok. Bus Singapore itu ada yang udah dilengkapi layar berisi informasi next halte tapi ada juga yang belum. Kalo apes dapet yang belum ada informasi next halte nya liatin aja google maps kalian dah sampe mana. Kalo dah mau deket tempat tujuan tinggal pencet tombol stop aja biar bus nya berhenti di tempat yang kalian tuju. Bayarnya cukup tempel aja Ezlink kalian, ntar langsung kepotong saldonya.

Dan ketika sampe Bugis, mata gue langsung jelalatan nyari yang namanya SNOW GLOBE !!! Oiya, selain snow globe, ada yang harus kalian beli banget kalo ke Singapore, apalagi buat gue ya yaitu cokelat. Ada satu toko yang gue rekomendasiin banget buat kalian. Nama tokonya ABC. Letak tokonya gampang banget. Sewaktu kalian masuk ke bugis street, kalian pasti liat ada papan di atas yang tulisannya bugis street. Masuk aja ke dalam, lurus terus sampe mentok sampe kalian ketemu jalan raya lagi. Terus berjalan lah ke kiri. Ntar di situ ada orang jualan buah ada durian juga. Di sebelah orang jualan buah itu lah toko ABC berada. Kenapa gue rekomendasiin itu ke kalian? Karena mereka jual cokelat dengan harga murah banget. Berapa? S$1 doang bayangin! Gimana gak surga banget buat pecinta cokelat coba? Udah lah, kalo kalian mau bawain oleh-oleh cokelat, beli aja di ABC ini. Berbagai macam cokelat ada disini. Ada ferrero, cadbury, cokelat merlion, milo, dan masih banyak merk lainnya. Sayangnya sih, guylian gak ada disini. Coba aja ada guylian trus dijual S$1, kayaknya langsung gue borong semua stoknya tuh hahahaha. Oiya gue juga dapet vaselline petroleum jelly disini, harganya juga sama cuma S$1, padahal di indo harganya bisa 30ribuan gitu. Selain cokelat banyak barang-barang lainnya yang dijual disini. Sampe indomie sama pop mie pun ada disitu hahaha.

Buat kalian yang mau bawa pulang oleh-oleh gantungan kunci jangan beli di bugis. Biasanya gantungan kunci di bugis di jual S$10 dapet 24 biji paling banyak. Sedangkan kalo kalian beli gantungan kunci di China Town kalian bisa dapet 42 biji dengan bayar S$10 doang. Nah loh, bisa satu RT tu lo kasih oleh-oleh gantungan kunci doang hahahaha. Untuk oleh-oleh lain kayak baju atau tas baik di bugis atau China Town harganya sama aja, jadi terserah kalian mau beli dimana dan pengen model yang kayak apa. Buat yang nyari snow globe nih kayak gue, jujur gue susah banget cari snow globe yang kayak gue pengen. Ada sih yang bagus cuma ya keciillll banget ukurannya. Kayaknya sama tikus masih gedean tikus deh. Sedangkan yang ukuran agak besar tu modelnya jelek-jelek dan gue gak mau. Sampe akhirnya gue nemu di salah satu toko yang terpencil banget, gue lupa gak nyatet nama tokonya apa dan yang jelas cuma disitu gue nemuin snow globe yang gue mau dengan harga yaaaa sewajarnya snow globe.



Dan ada satu lagi yang harus diinget. Gue waktu itu beli durian yang letaknya di sebelah ABC. Murah sih cuma S$2, cuma rasanya gak enak bangeeettttt, kayak buah belum mateng gitu. Apa mungkin efek salah pilih atau gimana entahlah, yang jelas gue gak mau beli durian di luar negeri lagi hahahaha.

Setelah puas keliling Bugis, gue pulang dulu ke hotel buat check in dan istirahat. Inget di cerita sebelumnya kan? Gue belum check in hehehe. (Read: Surprise Ulang Tahun Pacar di Singapore) Sewaktu di hotel gue pake buat istirahat, mandi, dan charge handphone sambil ketiduran sih hahaha. Gimana gak ketiduran kalo semalem gue sama sekali gak nyenyak tidur di airport.

Sekitar jam 7 malem gue keluar lagi. Selain buat cari makan malem juga mau jalan-jalan ke China Town dan Garden By The Bay. Buat ke China Town gue naik bus waktu itu. Naik MRT bisa sih sebenernya, dan MRT China Town itu gak jauh-jauh amat dari China Town sehingga gak harus jalan kaki jauh kayak ke Merlion. Cuma masalahnya, kalo mau ke MRT China Town itu harus transfer di MRT Bugis, dan itu yang bikin gue males. Karena, MRT Bugis itu gede banget, mau transfer MRT aja sampe naik turun 4x. Makanya gue males. Mending naik bus aja hahaha. China Town sih gak ngapa-ngapain juga selain ngeliatin barang-barang sambil bandingin harga sama Bugis hahaha. Setelah males di China Town, gue lanjut ke Garden By The Bay. Ke Garden Bu The Bay ini gue naik MRT dari China Town ke MRT Bayfront naik Downtown Line warna biru ke arah Bukit Panjang. Karena waktu itu udah malem, kalo naik bus ntar kelamaan di jalan keburu tutup Garden By The Bay nya hahaha. Jadinya naik MRT aja biar cepet.

Dari MRT Bayfront ke Garden By The Bay gak susah. Sama seperti kalo kita mau ke merlion park, liat dulu way out nya sebelah mana buat menuju Garden By The Bay. Dan gak harus jalan terlalu jauh kok, jadi gak usah takut capek ya.

Garden By The Bay. Picture by Naufal Fikri Yusuf

Garden By The Bay ini emang terkenal cantik kalo malam hari. Gue gak ikutan naik ke atas gardennya sih, karena udah tutup. Gue cukup jalan-jalan di sekeliling aja hahaha. Lumayan kok buat nongkrong. Bukan lumayan lagi, tapi gue suka banget nongkrong disini! :) Kalo kalian belum tau gimana tipe tempat nongkrong kesukaan gue, let me explain... Gue suka tempat nongkrong yang kayak taman gitu, atau tempat terbuka deh, outdoor, yang ada pemandangannya, bikin mata sejuk, dan ada tempat duduk atau tempat dimana gue bisa bertingkah aneh seperti duduk, tiduran sambil nikmatin suasana atau pemandangan yang ada di depan mata gue. And I can do that in here! Gue suka dimana gue bisa duduk-duduk gak jelas, ngeliatin pohon-pohon raksasa yang ada lampu-lampunya trus ngeliatin tingkah laku orang-orang, ngeliatin langit yang berbintang. Aaaahhh, bring me back please! :) Saking sukanya gue disini, gak kerasa gue disini sampe hampir jam 11 malem hahaha. Untung MRT belum tutup ya. Ya karena udah malem, akhirnya gue balik ke hotel.

Lanjut besok harinya

Besok harinya gue bangun siang hahahaha. Siang banget pokoknya bagi seorang wanita. Tapi gapapa lah, dari pada gue bangun pagi terus kecapekan terus gue malah drop kan gak lucu hahaha. Akhirnya setelah matahari udah terik gue memutuskan buat check out langsung dan nitipin barang-barang gue di hostel soalnya gue masih mau jalan-jalan di Orchard Road. Enggak nyari apa-apa sih, cuma nyari es krim potong doang hahahaha sama nge mall dikit lah cuci mata namanya juga cewek hehehe. Selesai kepanasan di Orchard Road, gue ke Arab Street. Ke Arab Street ini gue naik bus juga, soalnya males naik MRT hehehehe. Sistemnya naik bus nya masih sama ya kayak yang gue jelasin di atas tadi. Jadi, gue bergantung sepenuhnya kepada google maps hehehe.

Di Arab Street ada apa? Ada masjid terbesar di Singapore tentunya. Namanya Masjid Sultan. Nah, disekitar sini banyak banget makanan halal yang biasa dicoba. Gue sendiri waktu itu makan di salah satu restoran namanya Singapore Zam-zam dan gue nyobain nasi briyani disitu. Harganya cukup terjangkau kok tenang aja hahaha. Selain ada Masjid Sultan, di deket sini ada yang namanya Haji Lane. Denger-denger sih kata temen gue yang tinggal di Singapore, Haji Lane ini lagi hits banget. Dan setelah gue amati, memang sih Haji Lane ini boleh juga. Haji Lane itu modelnya kayak sebuah gang yang kanan kirinya ada berbagai macam toko (kalo di Jogja semacam Malioboro, cuma jalanannya gak segede Malioboro, namanya aja gang hahaha). Ada cafe-cafe yang unik dan cukup instagramable juga menurut gue. If you have a great photography skill, I'm sure you will get a great picture.



Kedua foto di atas itu sebenernya bagian luar dari salah satu cafe yang ada di Haji Lane dan spot itu cukup favorit bagi para fotografer atau model gak berbakat kayak gue hehehe.

Kalo lo masih laper, gue saranin buat nyobain Kampong Glam Cafe. Lokasinya masih sekitaran Masjid Sultan. Gampang banget ditemuin karena tulisannya gede dan warna cafenya merah mencolok mata hahaha. Makanan disini gue akui murah-murah banget, lebih murah dari pada Singapore Zam-zam dan porsinya gede. Gue jamin lo gak bakal nyesel buat nyobain makanan di Kampong Glam, gue aja pengen balik lagi ke situ. Waktu itu gue pesen Roti John dan itu enaaaakkkkkkk bangeeeeettttt !!! Gue nyesel udah makan banyak di Singapore Zam-zam. Sayang banget ya gue gak sempet foto jadi kagak bisa gue share itu roti enak bentuknya kayak gimana hehehe. Ya kalian cobain sendiri lah kesana hehehehe.

Habis puas ditambah udah capek juga ngelilingin area Arab Street, gue lanjut ke Esplanade buat nikmatin malam terakhir di Singapore. Hiks, sedih ya. Seperti biasa, gue pake bus, biar gak capek jalan jauh hahaha maaf ya gue rada males jalan hahaha. So, ada apaan sih di Esplanade? Gak ada apa-apaan sih hehehe. Gue cuma nonton pertunjukkan air mancur yang ada di Marina Bay aja hahaha sekalian buat nongkrong-nongkrong aja sih. Sayangnya anginnya agak kenceng di sini jadi gue rada gimana gitu nongkrong di sini. But, pemandangannya bagus banget, apalagi ada light show di Marina Bay, jadi kayak pertunjukkan lampu dan air mancur gitu. Bagus banget sumpah.

Pertunjukkan light sama air mancurnya udah selesai pas ini hahaha

Gue gak sampe malem-malem banget sih disini, soalnya gue harus balik ke hostel buat ambil tas gue dan gue bakal lanjutin perjalanan darat ke MALAYSIAAAAAAAAA.
Perjalanan ke hostel gue tetep pake bus hahaaha lama-lama gue jadi pecinta bus nih. Setelah sampe hostel, gue bersihin badan, cuci muka, dan istirahat sebentar. Setelah itu, gue pergi ke halte bus lagi buat menuju yang namanya Golden Mile Tower. Oya sebelumnya gue jelasin dulu ya, gue dari Singapore ke Kuala Lumpur naik bus juga. Bus apa yang gue pake? Gue naik bus Starmart jurusan Singapore dan tujuan akhir di KL Sentral Kuala Lumpur. Tujuan akhir di Kuala Lumpur nya gak selalu di KL Sentral sih, lo bisa turun di Berjaya Times Square atau bisa juga di tempat lainnya sesuai dengan rute yang tersedia. Dimana gue booking? Gue booked lewat aplikasi yang namanya redbus, lo bisa download di hape android atau iOS. Redbus ini bukan hanya dipake buat pesen bis singapore malaysia aja. Gue udah sering banget booked bis Bali-Jawa pake redbus ini dan overall gue puas banget sama pilihan-pilihan bus yang disediain sama redbus. Berapa harganya? Gue booked tiket harganya sekitar 200ribu rupiah. Bayarnya gimana? Nah, biasanya sih, kalo gue pesen tiket bus buat di Indonesia sih pake transfer bisa. Tapi berhubung gue booked tiket bus di luar negeri, yang tentunya harganya pake mata uang Singapore atau Ringgit waktu itu, so gue pake debit mandiri online atau Verified by Visa. Nantinya lo bakal dapet e-ticket dan itu yang lo tukerin sewaktu di Golden Mile Tower.

Lanjut nih, kalo lo mau Golden Mile Tower, gak ada MRT yang bener-bener deket sama gedung itu. Yang paling deket ya cuma MRT Lavender. Dan kalo lo mau jalan kaki itu lumayan banget bikin betis lo seketika jadi betisnya Ade Rai. So, gue lebih memilih naik bus, karena haltenya pas banget di depan gedung Golden Mile Tower. Mending gue bayar bus daripada gue nyusahin diri gue lah ya hahaha. Ditambah gue bawa ransel lagi. Tapi kalo lo lebih memilih jalan sih ya terserah lo. Kalo gue sih masih sayang badan ya hahaha. Ketika lo udah sampe di Golden Mile Tower, gue langsung ke informasi Starmart Express dan dia menjelaskan kalo gue udah booking tiket, gue langsung disuruh buat ke gedung yang letaknya sebelah gedung Golden Mile Tower. Gak disebelahnya banget sih. Lo harus ngelewatin 2 bangunan buat ke gedung yang gue gak tau itu namanya gedung apa. Yang pasti sih gue liat ada bus Starmart disitu dan banyak orang nunggu disana. Merasa gue udah di tempat yang benar, langsung aja buat masuk ke dalam gedung. Soalnya, lo harus nukerin e-ticket lo jadi tiket beneran. Dan ruang penukarannya di dalam gedung. Nah, ketika lo udah dapet tiket lo, silakan tunggu aja bus lo. Tenang aja, tiap bus akan ada kodenya yang sesuai dengan yang ada di tiket lo. Jadi lo gak akan salah bus.

Sekitar jam 12 malam lewat sedikit, bus gue dateng dan gue pun melakukan perjalanan ke Kuala Lumpur. Bye Singapore! Thanks for the memories that you gave to us! See you soon......

Jadi, itu singkat cerita gue sewaktu ke Singapore yang sama sekali gak ada planning apapun hahahaha. Kalo lo minta gue rinciin budget yang gue keluarin, jujur gue gak inget sama sekali. Yang jelas waktu gue ke Singapore gue bawa uang sebesar S$100 dan sisanya sebesar S$40. Jadi selama dua hari gue ngabisin sekitar S$60 itu udah termasuk gue beli Simcard yang harganya S$15 (Beli di 7eleven di lantai 3 Changi Terminal 1. Kalo harganya lebih dari itu jangan mau hahaha), beli Ezlink S$12 + top up Ezlink S$10, sisanya pure buat makan, ngemil, sama beli oleh-oleh buat gue sendiri hahahaha. Kalo kalian mau nurunin budget nya lagi sih bisa dengan gak beli oleh-oleh dan gak ngemil. Kalo gue sih soalnya suka ngemil ya, beli es krim potong di Orchard Road aja sampe dua kali wkwkwk. Dan mungkin lo bisa turunin lagi di budget transportasi dengan lo jalan kaki kalo tempatnya emang menurut lo deket dan fisik lo kuat.  Kalo gue sih ampun ya hahahaaha.

Sekian dulu, part 1 nya. Kalo mungkin lo bingung atau mau tanya-tanya sekitaran itinerary gue yang gak terplanning ini, atau lo mau nanya tips and trick. Seperti biasa, lo bisa kontak gue lewat e-mail or segala jenis sosmed gue, yang jelas jangan kontak gue lewat hati aja sih hahahaha. Gue terbuka banget buat kalian yang mau nanya-nanya soal apapun, selama gue bisa, gue bakal bantuin. Semoga bermanfaat buat kalian, dan selamat menunggu part 2. Thank you for keep reading. Bye-byeee.....

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts